Berita BRWA

PELUNCURAN BUKU “GUGUS TUGAS MASYARAKAT ADAT (GTMA) KABUPATEN JAYAPURA” MEREALISASIKAN JALAN PERUBAHAN PELAKSANAAN PENGAKUAN, PERLINDUNGAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT ADAT DI TANAH PAPUA

Jum'at, 10 Desember 2021 , admin

Pemerintah Kabupaten Jayapura pada Pada 24 Oktober 2013 bersama masyarakat adat di Kabupaten Jayapura mendeklarasikan kebangkitan masyarakat adat Jayapura.  Langkah ini menjadi tonggak untuk mewujudkan Pengakuan, Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat Adat di Kabupaten Jayapura, sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Japapura 2017 – 2022 yaitu “Mendorong Keberdayaan dan Kemajuan Masyarakat Adat” di Kabupaten Jayapura.

 

 Baca juga: MASYARAKAT ADAT BELUM MERDEKA
 

Lahirnya produk hukum daerah mengenai Kampung Adat melalui Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Jayapura No 8 Tahun 2016 dan Perda Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Pengakuan, Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat Adat menjadi payung hukum pengurusan hak-hak masyarakat adat termasuk pemerintahan Kampung Adat. Untuk memperkuat pelaksanaan kebijakan tersebut, maka sejak tahun 2017 Pemkab Jayapura menginisiasi pembentukan Gugus Tugas Masyarakat Adat (GTMA).

 

Baca juga: KEMENTERIAN ATR/BPN GANDENG PEMKAB JAYAPURA LAKUKAN PEMETAAN WILAYAH ADAT

 

GTMA sebagai wadah tiga aspek penting yang menjadi tumpuan dalam pelaksanaan program untuk masyarakat adat di Kabupaten Jayapura yaitu adanya kelembagaan dengan kompetensi dan anggaran yang memadai.  Perlu penyiapan kelembagaan yang dapat menjadi wadah kerjasama para pihak dalam pelaksanaan program pengakuan dan pemberdayaan masyarakat adat.  Kapasitas dan kompetensi para penggerak di GTMA sangat penting dalam kelancaran pelaksanaan dan capaian program.  Ketersediaan anggaran oleh Pemerintah Kabuapten Jayapura dan dukungan mitra pembangunan dapat menjadi pemicu dan akselerasi pelaksanaan program terkait masyarkat adat.

 

Baca juga: HUTAN ADAT: MAKIN KUAT, MAKIN SULIT

 

Pada tahun 2018, Bupati Jayapura meluncurkan Gugus Tugas Masyarakat Adat (GTMA) dan membentuk Sekretariat GTMA yang berada di kompleks Kantor Bupati Jayapura.  GTMA sebagai kelembagaan multipihak yang menjadi wadah kerjasama dalam menyusun dan melaksanakan program kerja Pemkab Jayapura untuk Pengakuan, Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat Adat.  Komposisi pelaksana GTMA terdiri dari aparatur Pemerintah Kabupaten Jayapura yang ditugaskan bekerja di GTMA, satuan kerja terkait di Pemerintah Kabupaten Jayapura, akademisi, masyarakat adat dan mitra pembangunan.

 

Buku “Tata Laksana Pembentukan Gugus Tugas Masyarakat Adat (GTMA) Kabupaten Jayapura” yang akan diluncurkan ini terdiri dari 6 (enam) :

buku: 1) Tata Laksana Pembentukan GTMA (unduh buku)
          2) Peta Jalan Pengakuan, Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat Adat, (unduh buku)
          3) Pedoman Pemetaan Wilayah Adat, (unduh buku)
          4) Pedoman Registrasi dan Verifikasi Masyarakat Adat dan Wilayah Adat, (unduh buku)
          5) Pedoman Penyelesaian Konflik Tenurial, (unduh buku)
          6) Pedoman Perencanaan Wilayah Adat. (unduh buku

Untuk yang tidak sempat mengikuti acara, kalian bisa lihat disni 

Berita Lain