Berita BRWA

604 Peta Wilayah Adat Diserahkan ke Pemerintah

Jum'at, 21 Agustus 2015 , admin

(Nura Tara BaTara)
Penyerahan Peta Wilayah Adat

BANGLI, KOMPAS — Aliansi Masyarakat Adat Nusantara menyerahkan 604 peta wilayah adat dari seluruh Indonesia kepada pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Total luasan wilayah adat dalam peta tersebut 6,8 juta hektar.

Peta itu diserahkan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) kepada Direktur Perhutanan Sosial Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wiratno. Ini merupakan komitmen AMAN bersama Badan Registrasi Wilayah Adat dan Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif.

Penyerahan peta ini dimaksudkan untuk membantu pemerintah mempercepat pembentukan satuan tugas (satgas) adat, utamanya untuk penyelesaian konflik kawasan hutan. Peta itu diharapkan dapat membantu menginventarisasi kearifan lokal dan pemberdayaan adat.

Sekretaris Jenderal AMAN Abdon Nababan mengatakan, peta wilayah ini penting dan masyarakat adat menggunakannya sejak melawan penjajahan. Di zaman modern ini, peta itu bisa dipakai untuk menyelesaikan konflik tanah.

“Sayangnya, wilayah adat sudah dikuasai sekitar 80 persen untuk izin-izin perusahaan. Ini dampak dari kebijakan dalam perundangan yang mempermudah perizinan perusahaan,” katanya, pada sarasehan dalam Festival Nusantara di kawasan Gunung Batur, Kabupaten Bangli, Bali, Senin (10/8).

Abdon menambahkan, Undang-Undang (UU) tahun 1970 tentang Agraria juga tak berpihak kepada masyarakat adat. UU tersebut menyebutkan, semua tanah yang tidak bisa dibuktikan kepemilikannya secara hukum merupakan tanah negara. “Ini merugikan (kaum adat), dan pemerintah belum mampu menjadi penengah yang baik,” katanya.

Mardiana, anggota AMAN dari Barito Timur, Kalimantan Tengah, mengatakan, masyarakat adat banyak mengalami konflik lahan. Pemerintah diminta mewujudkan komitmennya untuk memihak masyarakat adat.

Festival Nusantara diikuti 150 anggota AMAN dari 21 provinsi. Ajang ini baru digelar pertama kali.(AYS)

 

Sumber: Kompas 11 Agustus 2015

Berita Lain